Home | Sign In | Sign Up | Log out

MONITOR LCD BENQ FP731


MONITOR LCD BENQ FP731
Pada kasus monitor merek BENQ ini, saya mengambil contoh dari type : LCD BENQ FP731.Seperti kebanyakan kerusakan yg terjadi pada monitor jenis LCD adalah kasus gagalnya sistem power supply.Apalagi pada model ini,blok regulator sangat rapih dan kompak terpadu dalam sebuah bungkus/casing alumunium yg rapat,sehingga pertukaran udara bebasnya menjadi sulit.
Langsung saja pada intinya.Jika anda mendapatkan monitor lcd type ini yg mempunyai masalah tidak dapat di hidupkan,segera saja anda bongkar semua casing mulai dari tutp belakang,dan angkat semua penutup alumunium untuk blok power supply.Maka akan terlihat seperti di bawah ini.
Tampak bagian blok regulatornya,maka anda dapat secara langsung menebak komponen apa saja yang terlihat rusak,tapi tunggu dulu, biasakan untuk memeriksa beberapa komponen utama / penting pada blok regulator ini ,terutama pertama kali anda cek sekring/fusenya,jika putus segera cek transtor utama.Dalam kasus kali ini fuse dan IC inti nya terukur bagus,maka pelacakan beralih pada bagian sekunder regulator,periksa mulai dari dioda sekundernya dahulu,setelahnya anda dapat langsung mengganti beberapa elco yang terlihat bocor dan menggembung.Meskipun anda cukup mengganti beberapa elco yang terlihat secara fisik telah bocor,tapi ada baiknya juga mengganti sekaligus beberapa elco pendukung lainnya,dengan alasan agar kerja regulator ini dapat bekerja normal kembali tanpa resiko kembali ke pangkuan anda.

Dalam gambar di bawah ini ,kebanyakan elco yang rusak bernilai 470/16/25 dan 1000/16-25V.Persis dengan kerusakan yang terjadi pada beberapa merek monitor LCD lainnya.
Perbaikan monitor LCD BENQ ini rupanya tidak sesulit apa yang saya duga sebelumnya.Pengalaman ini mungkin berguna bagi anda, dan paling tidak sedikit memberi dukungan mental bagi para hobiist electronic lainnya.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada mr.Jestine Yong ( malaysia ) yang secara sukarela membantu saya dalam mendalami teknik dan trik dalam troubleshooting LCD.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Follow by Email

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Author

Foto Saya
WIJAYAcell.servis
Lihat profil lengkapku